Tips Untuk Menaikan Kinerja Performa Pada Komputer Anda

Sering kali kita mendengar banyak keluhan dari banyak orang mengenai kinerja komputer yang digunakan. Entah itu mereka salah membangun sebuah komputer sehingga spesifikasi pada komputer menjadi “kentang” atau mereka mempunyai komputer dengan spesifikasi monster tapi masih saja kinerja yang didapatkan kadang tidak sesuai dengan yang diharapkan dan diperhitungkan sebelumnya. Terkadang permasalahan seperti ini banyak sekali kita temui disekitar kita, sebelumnya lemot tidaknya sebuah komputer tidak hanya dari spesifikasi melainkan dari seberapa tua usia komputer yang digunakan apakah sudah waktunya melakukan upgrade atau harus membeli yang baru atau harus membangun kembali komputer dengan spesifikasi yang lebih terbaru pada jamannya. Seiring berjalannya waktu teknologi terus berkembang pesat baik dari sisi hardware maupun sisi software yang dimana dapat menentukan kinerja sebuah komputer. Lalu bagaimana caranya jika komputer yang digunakan tidak dapat dilakukan perubahan atau penambahan? Ya, terpaksa harus membeli komponen baru pada komputer dengan spesifikasi yang sesuai dan dibutuhkan oleh pengguna. Lalu jika sudah dapat melakukan sebuah perubahan atau penambahan baik dari sisi memory dan sisi penyimpanan tapi masih lemot, maka apa yang perlu dilakukan? Berikut tips untuk menaikan kinerja performa dari sebuah komputer.

  • Menghapus file yang ada pada Recycle Bin : dengan menghapus file yang ada pada Recycle Bin dapat menjadi salah satu cara yang bisa digunakan untuk meringankan kinerja memory pada komputer dikarenakan data atau file yang dihapus dan masuk ke dalam recycle bin tetap disimpan dan dibaca oleh sistem dan disimpan kedalam memori sehingga hal ini dapat menjadi salah satu cara untuk dicoba terlebih dahulu untuk meningkatkan kinerja pada komputer.
  • Meminimalkan program yang berjalan pada startup : Jika dengan cara menghapus file pada recycle bin masih merasa kinerja komputer kurang cepat, dapat dicoba dengan meminimalkan program yang berjalan pada startup dengan cara mematikan program yang dirasa tidak penting dan jarang digunakan, karena program yang berjalan pada saat komputer melakukan startup dan banyak aplikasi yang langsung berjalan baik dari background app maupun langsung dapat menyebabkan kinerja pada komputer anda menjadi lama. Dikarenakan pada saat komputer melakukan booting sampai startup masuk ke desktop, software operating system yang digunakan perlu waktu untuk membaca memory pada komputer, sehingga jika dijalankan secara bersama dengan aplikasi dapat membuat pembacaan atau read/write pada system terganggu. Cara mematikan program pada startup dengan menekan Win + R -> msconfig -> Startup. Kemudian uncheck program yang ingin di nonaktifkan.
  • Mematikan services yang tidak digunakan pada komputer : Jika dengan mematikan program yang berjalan pada startup sudah bisa menaikan kinerja pada komputer, cara ini juga dapat menambah kinerja pada performa komputer meningkat. Mematikan service yang tidak digunakan dapat dengan memilih aplikasi mana yang tidak terpakai maupun jarang digunakan. Cara membedakan services tersebut berjalan atau tidak pada sebuah komputer dapat dilihat pada bagian status dan startup type. Cara mematikan services yang tidak digunakan dengan cara menekan Win+R -> services.msc -> (pilih aplikasi yang dengan status running dan startup type automatic) -> Klik kanan -> Properties -> Pilih jenis startup type yang diinginkan.
  • Uninstall program yang tidak penting : Jika memang sudah mematikan services dan mematikan startup pada aplikasi yang jarang digunakan, alangkah lebih baik jika aplikasi yang tidak digunakan kembali untuk dilakukan uninstalling pada komputer. Dikarenakan agar dapat meringankan kinerja memori dari aplikasi yang tidak lagi digunakan setiap saat. Cara melakukan uninstalling aplikasi dengan masuk ke dalam Control Panel -> Programs -> Uninstall a program -> pilih aplikasi yang tidak lagi digunakan. Dengan cara ini juga dapat menaikan kinerja dan performa dari pada komputer dikarenakan memory dan storage pada komputer berkurang.
  • Menggunakan aplikasi yang tidak memakan ram terlalu besar : Jika diharuskan menggunakan aplikasi komputer dengan menggunakan memori besar, anda dapat melakukannya dengan memilih alternatif dari aplikasi tersebut. Misalkan penggunaan browser pada komputer anda untuk melakukan kegiatan pencarian di internet. Ada banyak sekali browser yang disediakan seperti chrome, firefox, edge, dan opera. Jika anda biasa disarankan untuk menggunakan chrome, anda bisa mencoba firefox ataupun edge dengan penggunaan pada ram yang cukup dibilang sedikit lebih ringan dibandingkan chrome. Untuk sisi keamanan sendiri firefox lebih aman dibidang securitynya dibandingkan chrome.
  • Perbesar kapasitas Memory atau Storage : Jika dengan cara menghapus file yang ada pada Recycler Bin dan sudah mematikan services dan startup serta sudah melakukan uninstalling pada aplikasi, dan masih merasakan kinerja komputer anda lama. Bisa jadi memory atau storage yang anda butuhkan sangatlah minimal untuk digunakan oleh aplikasi yang ada pada komputer. Sehingga diperlukan peningkatan baik dari sisi memory ataupun dari sisi storage. Jika anda mempunyai dana yang mencukupi bisa langsung menaikan maksimal pada bagian memori dan storage pada komputer anda jika anda inginkan. Tetapi sesuaikan dengan tipe memory ataupun storage yang anda punya gunakan sebelumnya, misalkan pada storage anda bisa menggunakan ssd ataupun hdd dengan kapasitas penyimpanan dan kapasitas read/write pada storage yang akan digunakan lebih besar dan lebih cepat, kemudian periksa pada bagian tipe yang digunakan apakah tipe SATA III atau tipe ATA.

Berikut adalah sedikit tips yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja pada komputer anda. Semoga bermanfaat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *