Komputer Sering Mengalami Blue Screen

Para pengguna operating system Windows pasti sering mendengar adanya komputer atau laptop yang terkena Blue Screen of Death atau lebih dikenalnya dengan istilah BSOD. Seluruh pengguna Windows mungkin tidak ingin BSOD terjadi pada komputer atau laptopnya. BOSD terjadi karena adanya software atau hardware yang crash atau terjadi kesalahan fatal sehingga membuat sistem harus direstart. BSOD tidak terjadi seperti komputer hang yang masih bisa diatasi sehingga tidak perlu restart komputer. Jika sudah terjadi BSOD seperti ini, umumnya laptop atau komputer jadi tidak bisa dipakai dan hal yang paling buruknya adalah mengakibatkan kehilangan data penting seperti data kantor maupun data pembelajaran. Banyak jenis error BSOD yang terjadi pada setiap komputer atau laptop, BSOD tidaklah harus selalu disebabkan oleh rusaknya atau crashnya sebuah hardware semua tergantung dari kode yang ditampilkan pada layar. Sehingga banyak orang yang masih tidak tahu apa penyebab dari Blue Screen dan bagaimana cara mengatasinya. Berikut beberapa penyebab dan solusi yang sesuai untuk laptop atau komputer yang mengalami Blue Screen :

  1. Driver Mengalami Kerusakan (0X0000000A)

Penyebab pada komputer ataupun laptop yang terkena Blue Screen jenis ini umumnya akan disertakan pesan “IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL” atau pesan “VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE” dengan kode “0X0000000A”. Penyebabnya komputer atau laptop Blue Screen ini terjadi umumnya karena sistem operasi tidak mendeteksi dengan baik perangkat baru yang dipasangkan ke dalam hardware, sehingga driver yang secara manual atau otomatis di-install mengalami kerusakan (crash). Hardware bisa jadi penyebab terjadinya Blue Screen, jika kamu menggunakan komputer PC dan mengupgrade salah satu komponen (misalnya VGA Card) biasanya kamu diminta untuk meng-install driver dari VGA tersebut. Driver yang dimaksudkan untuk “mengenalkan” perangkat keras yang baru dipasang kepada sistem operasi yang digunakan. Sehingga sistem operasi dapat mengenali perangkat tersebut dan dapat berjalan sesuai dengan fungsinya. Jika driver yang dipasang pada sistem tidak sesuai maka akan ada kerusakan atau error. Maka dari itu pastikan install driver hardware yang sesuai lalu coba lepaskan dan pasang kembali VGA card serta Audio card yang kamu punya, dan jangan lupa pastikan telah terpasang dengan benar.

  1. NTFS FILE SYSTEM (0X00000024) atau FAT FILE SYSTEM (0X00000023)

Penyebab laptop atau komputer terkena Blue Screen jenis ini berarti terdapat kerusakan di partisi atau file systemnya. Namun bukan berada di harddisk. Sehingga kamu harus periksa kembali apakah kabel SATA/IDE hardisk telah terpasang dengan benar dan cek partisi dengan chkdsk. Bisa juga hard disk yang digunakanlah yang menyebabkan Blue Screen yang dikarenakan adanya Bad Sector pada hard disk yang digunakan. Jika Hard disk yang digunakan sudah mempunyai Bad Sector alangkah baiknya kamu memiliki storage pengganti dikarenakan sewaktu-waktu bad sector pada hard disk menyebabkan data tidak dapat dibuka atau di backup.

  1. UNEXPECTED KERNEL MODE TRAP (0X0000007F)

Penyebab laptop atau komputer PC Blue Screen bisa karena pemakaian komputer maupun laptop yang overheat yang menyebabkan suhu pada laptop atau komputer terlalu panas. Overclocking yang berlebihan, Processor yang corrupt, dan juga BIOS yang corrupt, sehingga kamu dapat mematikan (shutdown) laptop atau komputer terlebih dahulu lalu cek kembali apakah sistem pendingin atau kipas bekerja dengan baik. Jika bermasalah coba tambahkan komponen pendingin lainnya. 

  1. DATA BUS ERROR

Penyebab selanjutnya yang sering terjadi pada laptop atau komputer adalah Blue Screen yang dikarenakan slot pada memory RAM terdapat kerusakan, sehingga menyebabkan BSOD jenis DATA BUS ERROR. Cara untuk memastikan apakah slot yang kamu punya rusak atau tidak dengan periksa dan ganti dengan RAM yang baru.

  1. PAGE FAULT IN NONPAGED AREA

Penyebab laptop atau komputer mengalami jenis Blue Screen ini adalah terjadi karena adanya kerusakan pada hardware, utamanya pada Memory (RAM), VGA, dan memory pada processor (L2 cache).

  1. INACCESSIBLE BOOT DEVICE

Penyebab Blue Screen ini pada laptop ataupun komputer kamu bisa terjadi karena posisi jumper pada harddisk yang salah atau juga bisa karena Driver IDE controller yang salah dan Virus Boot sector. Sehingga kamu harus periksa kembali kondisi kabel IDE, dan membersihkan virus yang ada pada boot sector kemudian atur kembali jumper pada harddisk kamu.

  1. VIDEO DRIVER INIT FAILURE

Penyebab laptop Blue Screen ini adalah terjadinya kesalahan pada saat instalasi driver VGA yang dikarenakan tidak sesuai dengan sistem yang digunakan. Sehingga mengharuskan instal ulang driver VGA yang sudah terupdate dan dapat digunakan dalam sistem yang kamu pakai.

  1. BAD POOL CALLER

Penyebab laptop maupun komputer dengan Blue Screen ini adalah kesalahan pada saat instalasi OS. Biasanya terjadi pada Windows XP. Maka dari itu pastikan kaset CD installer tidak rusak atau corrupt. Ini adalah cara terakhir untuk memperbaiki bluescreen adalah dengan menginstall ulang laptop. dan pastikan CD windows atau ISO tidak corrupt, jika setelah install ulang juga masih tidak berhasil kemungkinan besar terjadi kerusakan pada hardware.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *